Selamat Datang Peserta Didik Baru Kelas 7 di SMPN 173 Jakarta
HEADLINE SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI SMP NEGERI 173 JAKARTA, = SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI = ,* SEKOLAH HIJAU *, = MANAGEMEN BERBASIS SEKOLAH =

Drs. Mudjiono, MM
Drs. MUDJIONO, MM
NIP. 195901011981011010


KATA PENGANTAR

          Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan Rahmat dan HidayahNya kepada kami, serta dukungan dan partisipasi berbagai pihak akhirnya revisi Kurikulum SMP Negeri 173 Jakarta dapat disusun. Kurikulum ini diberlakukan untuk tahun Pelajaran 2016 - 2017sebagai hasil penyempurnaan Kurikulum Tahun sebelumnya. Kurikulum ini memuat Struktur Program, Beban Belajar, Kalender Pendidikan, dan regulasi-regulasi terkait dengan pelaksanaannya.

          Pendidikan Budaya dan Karakter bangsa yang tercantum dalam KTSP Berkarakter,  Berwawasan Lingkungan merupakan pikiran yang bersifat praktis, sebagai acuan dan pedoman dalam pelaksanaan pendidikan di SMP negeri 173 Jakarta dapat dilaksanakan dalam suasana pendidikan yang ada di SMP Negeri 173 Jakarta. Meskipun demikian pelaksanaan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa memerlukan berbagai perubahan dalam pelaksanaan proses pendidikan yang terjadi di sekolah pada saat ini.

          Perubahan yang diperlukan tidak mengubah kurikulum yang berlaku  tetapi menghendaki sikap baru dan keterampilan baru dari para pendidik (Guru), Kepala Sekolah, Konselor Sekolah (BP/BK).  Sikap dan keterampilan baru tersebut merupakan persyaratan yang harus dipenuhi untuk keberhasilan implementasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Perubahan sikap dan penguasaan keterampilan yang dipersyaratkan tersebut hanya dapat dikembangkan melalui pendidikan berkelanjutan dan sistemik.

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa serta Berwawasan Lingkungan diarahkan pada upaya mengembangkan nilai-nilai yang akan mendasari suatu kebijakan, sehingga menjadi suatu kepribadian diri warga Negara. Berbeda dari materi ajar yang bersifat mastery, sebagaimana halnya suatu performance content suatu kompetensi  materi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa bersifat developmental. Perbedaan hakekat kedua kelompok materi tersebut menghendaki perbedaan perlakuan dalam proses pendidikan yang cukup panjang dan bersifat saling menguatkan antara kegiatan belajar lainnya, antara proses belajar di kelas dengan kegiatan kurikuler di sekolah dan di luar sekolah.

          Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa tidak dimasukkan dalam pokok bahasan, karena mengandung resiko akan menjadi materi yang bersifat kognitif, sedangkan Adiwiyata dimasukkan dalam materi pembelajaran. Oleh sebab itu, dalam pengembangan materi Pendidikan budaya dan Karakter Bangsa sikap menyukai, ingin memiliki dan mau menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai dasar bagi tindakan dalam perilaku kehidupan peserta didik sehari-hari merupakan persyaratan awal yang mutlak untuk keberhasilan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

          Proses Pembelajaran Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dan Adiwiyata dilaksanakan melalui proses belajar aktif, sesuai dengan prinsip pengembangan nilai, harus dilakukan secara aktif oleh peserta didik (dirinya subyek yang akan menerima, menjadikan nilai sebagai miliknya dan menjadikan nilai-nilai yang sudah dipelajari sebagai dasar dalam setiap tindakan).

Semoga Kurikulum SMP Negeri 173 Jakarta dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru, kepala sekolah, konselor sekolah, pengawas dan pihak terkait lainnya.Kami menyadari bahwa Kurikulum ini masih jauh dari sempurna, oleh sebab itu kami mengharapkan sumbangsih saran demi penyempurnaan Kurikulum SMP Negeri 173 Jakarta.Meskipun demikian, kami berharap agar Kurikulum tersebut dapat dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan di SMP Negeri 173 Jakarta Tahun Pelajaran 2016 - 2017.

          Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam merevisi KTSP SMP Negeri 173 Jakarta yang Berkarakter, Beradiwiyata dan Berbudaya Bangsa. Kami berharap semoga semua dukungan dan partisipasi berupa pikiran, tenaga, waktu dan materi dapat bernilai ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Esa.  Amin

 

 

 

                                                                                                   Jakarta,  30 Juni  2016

 

                                                                                                                       Tim Pengembang